Senin, 02 November 2009

Hambatan Dalam Berbicara

BAYI yang memiliki masalah pendengaran biasanya berhenti mengoceh pada usia sekitar 6 bulan. Bila bayi anda sama sekali tidak bersuara dan tidak melakukan kontak mata dengan anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter anak anda. Dalam pada itu, sejumlah anak mulai mampu menyuarakan kata-kata pada usia sembilan bulan.

Tapi, anak-anak lainnya mungkin harus menunggu hingga usia tigabelas atau empatbelas bulan dalam hal ini. Bila anak anda tidak juga mengatakan sepatah kata pun hingga usia limabelas bulan atau anda sama sekali tidak memahami kata-kata yang ia ucapkan segeralah berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya.
Selain karena gangguan pendengaran, faktor lain yang dapat membuat anak anda terlambat untuk bisa bicara adalah:
• Kurangnya stimulasi verbal terhadapnya. Ini bisa terjadi di lingkungan keluarga yang besar atau yang dikaruniai anak kembar.
• Faktor kasih sayang dan kenyamanan. Bagaimanapun, seorang anak membutuhkan kasih sayang dan rasa nyaman untuk bisa berkembang dengan baik.
• Keterbelakangan mental. Hal ini biasanya terkait dengan gangguan/hambatan dalam sejumlah aspek dari fase perkembangan sang anak.
• Autisme. Ini berkaitan dengan kurangnya keterampilan sosial dan terjadinya gangguan-gangguan emosional.
Anak Gagap
Gagap pada anak-anak adalah hal yang umum. Secara berangsur-angsur gagap ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia si anak. Sungguhpun demikian, bila hingga usia menjelang 3 tahun ia masih gagap, Anda sebaiknya segera membawanya ke ahli terapi wicara untuk pemeriksaan lebih jauh


Tidak ada komentar: